MONOD & Co

Monod 2aKota Semarang pada jaman Belanda sudah terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa. Slogan ini juga sering didengungkan pada era pasca reformasi. Berkembangnya bisnis perdagangan dan jasa ini ditunjukkan dengan pendirian beberapa kantor perusahaan yang gedungnya masih berdiri maupun sudah dibongkar di beberapa kawasan. Pasca dibukanya beberapa perkebunan dan jalan kereta api Semarang – Vorstenlanden, beberapa perusahaan mulai bermunculan, diantaranya Monod & Co.

Perusahaan Monod & Co adalah salah satu broker dan agen komisi umum yang tertua di Semarang. Didirikan pada tanggal 23 April 1882, oleh Mr.  C.L.F. Monod de Froideville, dan menangani semua jenis barang produksi di Jawa, termasuk kapuk, kakao, minyak sayur, dan kopra, tetapi pusat perhatian utamanya adalah gula. Monod membeli produk bahan pokok ini dalam jumlah besar mengingat eksistensinya sebagai perusahaan yang menguasai pasar ekspor di Eropa dan Cina. Perusahaan ini juga melakukan usaha sebagai broker saham, dan untuk memfasilitasi ini mereka memiliki perwakilan di Amsterdam, ‘S Gravenhage, Batavia, dan Surabaya.

Kemajuan perusahaan ditunjukkan dengan berubahnya pola kerjasama kemitraan. Ini dimulai dari nama “Monod & Co”, tetapi pada tahun 1884, Mr. J.G. Thooft masuk ke dalam kemitraan dan nama perusahaan menjadi “Monod & Thooft”. Lima tahun kemudian Mr. Thooft menarik diri dari perusahaan ini dan nama lama dipakai kembali. Pada tahun 1892 Mr. C.H. Prins masuk menjadi mitra, Monod de Froideville, putra pendiri, diangkat sebagai pemimpin perusahaan. Setelah Mr. Prins pensiun pada tahun 1889, Mr. C.A. Monod de Froideville mulai menjalin kemitraan lagi, dan perusahaan itu direkonstruksi oleh beliau delapan tahun kemudian, terutama setelah mitra seniornya mengundurkan diri.

Beberapa mitra yang kemudian bergabung di perusahaan ini adalah  Mr. C.A. Monod de Froideville, Mr. B. Companjen, dan Mr. W.F. Ch. Van Oordt, dengan Mr A.C. Kuiper sebagai pemimpin perusahaannya. Companjen kemudian juga menarik diri dari perusahaan pada tahun 1913, dan Mr. A.C. Kuiper kemudian menggantikan posisinya. Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan ini mempekerjakan dua orang  asisten broker dan empat karyawan. Selain itu, Monod & Co, adalah agen utama di Jawa Tengah untuk perusahaan asuransi yang terkenal bernama “Arnhem”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *