“Indonesia Bersatoelah, Indonesia Bermoelialah”

poster-karsten-1PAMERAN KARYA DAN HIDUP ARSITEK HERMAN THOMAS KARSTEN 

19 – 30 November 2016, di Semarang Contemporary Art Gallery, Jl. Taman Srigunting No. 5 – 6 Semarang

Herman Thomas Karsten (1884-1945)

Adalah arsitek Belanda yang berperan penting dalam perkembangan arsitektur dan perencanaan kota pada masa Hindia Belanda. Beliau dikenal karena desainnya yang menyatukan konsep Barat dengan elemen lokal, sebuah pendekatan yang radikal pada jaman itu.

Selain karya arsitektur, beliau juga dikenal sebagai seorang pemikir yang telah memprakarsai berdirinya lembaga penelitian dan kesenian di Hindia Belanda seperti Java Instituut dan Volkskunstvereeniging Sobokarti yang masih aktif hingga sekarang.

Warisan Karsten tidaklah cukup diingat sebagai kenangan namun juga sebagai pelajaran berharga untuk masa depan.

Pengantar Kuratorial.

Setahun setelah kebakaran, saya mengunjungi Pasar Johar. Saya terkejut bukan hanya karena pasar berada dalam kondisi yang menyedihkan, tetapi saya juga dapat melihat dengan jelas struktur untuk apa itu. Pilar berbentuk jamur yang sekarang berdiri terbuka dan telanjang, cahaya menyelinap dari semua sisi, atap datar – ini tidak dalam kenangan saya. Tapi tak satu pun yang bisa menyangkal keunikan bangunan ini. Bahkan tanpa memahami secara detail teknis gaya atau arsitektur, saya bisa merasakan mengapa bangunan ini layak kita selamatkan.

Kenangan pribadi saya pada Johar berkisar tiga hal: ibuku, buah, dan buku. Saya sendiri pergi ke Johar untuk menemani ibu saya untuk berbelanja buah-buahan atau kadang-kadang untuk menemukan sebuah buku. Ketika saya mendengar bahwa Johar telah dilalap api, saya sedih bukan hanya karena pada saat itu kita kehilangan sepotong arsitektur yang spektakuler, tetapi juga karena Pasar Johar adalah sumber dari beberapa kenangan masa kecil saya.

Saya pikir Thomas Karsten akan mengerti bagaimana perasaanku. Datang untuk berkenalan dengan dia melalui foto, artikel, dan cerita-cerita dari orang-orang yang mengenalnya terbaik, saya tahu bahwa ia sendiri menganggap arsitektur sebagai jauh lebih dari sekedar dimensi teknis. Memang, sebagian besar karyanya lahir dari pengamatan fenomena manusia, budaya, dan sosial-politik masa dan tempat dia tinggal di. Karyanya menjadi simbol dan tanda waktu, bukan hanya karena gaya dan teknik tetapi juga sebagai pengingat perjalanan bangsa kita.

Pada akhirnya, karir Thomas Karsten memberikan ruang dan bahan untuk berbagai disiplin ilmu untuk membahasnya. Pameran ini merupakan pengantar untuk melihat, membaca dan merasakan pekerjaan dan kehidupan dari Thomas Karsten. Di dalamnya, kita diajak untuk mengenal Thomas Karsten sebagai manusia seutuhnya, peristiwa hidupnya berikut, sumber inspirasi, dan cita-citanya. Silakan menikmati pameran ini, kami berharap itu menyenangkan dan mencerahkan.

Anastasia Dwirahmi
Kurator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *