Berbagi dalam Kreatifitas

Launching “kolkas.net”, 13 – 14 Juni 2015

PELUNCURAN WEBSITE, SHOWCASE, MUSIK AKUSTIK, DISKUSI, dan PEMUTARAN FILM

Tempat : Widya Mitra, Jl. M.T. Haryono 360 Semarang

Kolkas 5

Untuk pertama kali, sejak menempati gedung baru, Widya Mitra bekerjasama dengan komunitas desain grafis Semarang “Kolkas.net” menyelenggarakan acara peluncuran website, showcase, musik akustik, diskusi, dan pemutaran film.

Pada hari pertama, diadakan pembukaan pameran beberapa macam produk desain grafis bernuansa Semarangan yang bisa dimanfaatkan sebagai cidera mata atau souvenir.  Acara ini juga diisi dengan konser musik akustik yang menampilkan Antara Lain yang terdiri dari Garna Raditya, salah seorang gitaris dan aktivis musik independen Semarang dan  istrinya, Megan Hewitt. Malam itu mereka menyanyikan beberapa lagu yang bernuansa syahdu. Kemudian di penghujung acara diadakan diskusi yang menampilkan pelukis mural pengritik sosial, POPO (Ryan Riyadi). Diskusi dengan tokoh POPO ini termasuk yang sangat ditunggu. Maklumlah seniman kelahiran tahun 1980 ini pernah meraih penghargaan The Best Mural Artist pada Tembok Bomber Award 2010.

Pada laman kolkas.net disebutkan lembaga ini  adalah sebuah platform repository grafis yang dibangun dari kontribusi karya desainer grafis dan seniman lokal sebagai sumberdaya lunak kota (Semarang). Karya-karya yang ada di Kolkas dapat diakses dan dimanfaatkan oleh warga kota secara gratis. Platform in bertujuan untuk menyalurkan aspirasi dan kontribusi desainer grafis dan seniman muda yang ingin turut membangun kota melalui bidang yang mereka geluti. Menyalurkan inisiatif untuk berbagi dan menciptakan atmosfer yang lebih produktif bagi kota. Model ini juga merupakan sebuah eksperimen stimulasi ekonomi dengan menyediakan “modal kekayaan intelektual” bagi siapapun yang tergerak untuk mewujudkan karya-karya tersebut menjadi suatu produk yang berbasis citra kota.

Banyak harapan yang disandarkan pada komunitas ini terutama ditautkan dengan perkembangan seni rupa di kota lumpia. Sebuah perkembangan yang bisa dikatakan lebih dekat dengan dunia industri kreatif mengingat karya-karya yang tersaji di laman mereka bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang sedang menggeluti dunia tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *